PELAYANAN SATU PORTAL TERINTEGRASI
Assalamu alaikum wrwb.. Bangga dgn keinginan Bapak Walikota Makassar dalam berbagai kesempatan selalu mendorong dan mempowering anak mudah untuk melakukan berbagai hal inovasi sebagai wujud citizen yg smart dan sombere.
Tantangan kita sebagai pelayan publik semakin berat dan dua hal yang sangat penting, hemat saya dengan analisa sederhana adalah tata kelolah dan manjemen administrasi pemerintahan. Masyarakat hanya menunggu realisasi keperpihakan kepada mereka apapun rencana dan ikhtiar yang kita sampaikan..maka kebanggaan saya tersebut menjadi semangat dan pendorong untuk melakukan banchmarking e-government, apasih kelebihan kita namun kenapa kita tidak seperti negeri tetangga kita, malaysia, singapura, korea selatan yg pada awalnya kita lebih maju dari negera negera tersebut.
Masyarakat di negeri kita khususnya di makassar, kebenasan ruang berkreativitas yg begitu luas untuk menjadi pengembang atau developer aplikasi. Bahkan dengan berbagai data dan keunggulan anak muda kita, ternyata kita lebih inovatif dan lebih krearif. Tapi sangat disayangkan inovatif tinggallah suatu inovasi. Karena inovasi tersebut hanya sekedar bukti aktualisasi masyarakt yg smart, tapi setelah itu terjadi stagnasi manjemen inovasi. Maksud saya Masih ada tahapan yang perlu kita lakukan adalah mewujudukan Inovasi tersebut agar dapat bermanfaat lebih luas. Inilah peran bersama untuk melakukan pengembangan secara terintgerasi, tidak lagi parsial, melepaskan manajemen ego, saya sebut saja PELAYANAN SATU PORTAL * untuk mendorong inovasi pelayanan yang lebih cepat dan dapat bermanfaat lebih luas. Untuk mewujudkan e-government dgn menggunakan metode perbandigan sederhana maka saya simpulkan bahwa kita hanya perlu kerjasama kolaboratif dgn manjemen terintegrasi agar satu jenis pelayanan bisa terkoneksi dengan jejaring pelayanan SKPD yang terkait..ini bukan ide pertama namun jika kita masih anggap permasalahan kecil maka 10 tahun yang akan datang maka kita tidak beranjak dari titik star..
Tulisan ini untuk sharing untuk pelayanan terintegrasi di Indonesia tercinta yang masih menggunakan benang kusut dalam pelayanan satu atap atau satu pintu. mohon maaf jika ada yg salah dalam tulisan ini...salam
Keterangan
- * pelayanan berbasis website yang terintegrasi
- Ditulis sebagai rangakain pelatihan tot kerjsama KOICA pemerintah korea dgn Indonesia.
Komentar